Perusahaan yang memproduksi jus delima tersebut adalah POM Wonderful. Perusahaan ini gencar mempopulerkan produk jus delimanya memiliki berbagai khasiat kesehatan. Akibatnya, konsumsi buah delima dalam berbagai bentuk sajian melonjak drastis dan marak dalam beberapa tahun terakhir.
Dalam sebuah persidangan, hakim Michael D. Chappell memutuskan bahwa perusahaan tersebut melakukan pembohongan lewat iklan untuk memasarkan produk jus delima. Persidangan ini merupakan buntut dari pengaduan Federal Trade Commission (FTC) di Amerika Serikat atas klaim perusahaan yang mengaku produknya dapat mengobati, mencegah atau mengurangi risiko penyakit jantung, kanker prostat dan disfungsi ereksi.
"Berdasarkan kesaksian ahli menunjukkan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang cukup kompeten dan dapat diandalkan untuk mendukung klaim manfaat kesehatan seperti yang diklaim oleh perusahaan POM Wonderful," kata hakim Campbell seperti dilansirTime Healthland, Rabu (23/5/2012).
FTC sudah melayangkan gugatan terhadap perusahaan yang bermarkas di Los Angeles milik Lynda dan Stewart Resnick ini sejak tahun 2010. Hasil keputusan persidangan menegaskan bahwa POM Wonderful 'tidak boleh membuat pernyataan apapun, dengan cara apapun, baik tersurat maupun tersirat, termasuk menggunakan nama produk, endorsement, foto, ilustrasi atau nama dagang mengenai manfaat kesehatan atau efektivitas produk, kecuali penggambaran produknya tidak menyesatkan'.
Pelanggaran terhadap keputusan hakim ini dapat dikenakan denda sebesar 16.000 US Dollar atau sekitar Rp 148 juta per insiden. Keputusan ini berlaku sejak 30 hari setelah ditetapkan, kecuali jika pihak POM Wonderful mengajukan banding.
"Kami berencana untuk mengajukan banding atas aspek tertentu dari keputusan itu," kata juru bicara POM Wonderful, Corey Martin.
Hakim sebenarnya tidak sepenuhnya setuju dengan semua tuntutan yang dilontarkan FTC. Misalnya, hakim menganggap tuntutan yang mengharuskan POM Wonderful mendapat persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA) untuk setiap klaim iklan berikutnya dianggap tidak perlu. Hakim juga tidak setuju jika semua klaim dalam iklan dikatakan sebagai penipuan.
"Kami selalu percaya pada khasiat delima dan sangat senang jika kami dapat terus menampilkan manfaat kesehatan yang melekat dalam buah luar biasa ini," kata Stewart A. Resnick, Presiden Roll Global, induk perusahaan POM Wonderful.
http://meonggoblog.blogspot.com/ Blognya Meonggg dan Kecebonggg
No comments:
Post a Comment