translate

3.15.2012

6 Faktor yang Membuat Pengunjung Merasa tidak Nyaman


(Update) 6 Faktor Yang Membuat Pengunjung Merasa Tidak Nyaman
Pernahkah anda mengunjungi sebuah blog yang ketika anda berada disana, anda merasa tidak betah dan tidak nyaman? Pasti pernah dan memang banyak alasan yang membuat anda tidak nyaman ketika berada dalam suatu blog.
Menurut saya salah satu syarat yang menjadikan sebuah blog bisa dikatakan berkualitas dan baik itu adalah nyamannya pengunjung ketika berada dalam blog anda. Apabila blog anda tidak membuat nyaman para pengunjung, mungkin jangankan berlangganan artikel(subscribe), membaca artikel dan memberi komentar pun akan malas dilakukan para pengunjung apabila blog anda dirasa tidak nyaman.
Untuk itu anda harus berhati-hati dan selalu memperhatikan blog yang anda kelola agar bisa membuat nyaman para pengunjung blog anda. Berikut ini ada 6 faktor yang membuat pengunjung tidak nyaman menurut pandangan pribadi saya.

Loading Blog Yang Lama ( Berat )

faktor yang membuat pengujung merasa tidak nyaman
Terkadang ketika seseorang berkunjung pada sebuah blog, lalu ketika sedang loading(proses) untuk masuk ke blog tersebut lama/berat, tidak jarang seorang user akan langsung meng-close(menutup) halaman tersebut.
Ini sangat berbahaya sekali untuk blog anda, bisa-bisa blog anda akan sangat sedikit pengunjungnya.
Anda harus mengecek widget-widget apa saja yang anda gunakan, apabila terlalu banyak, ada baiknya anda memangkasnya atau anda hanya memasang widget yang memang dibutuhkan saja. Dan jangan lupa untuk selalu mengecek berat atau tidaknya blog anda tersebut.
Saat ini saya pun masih berupaya untuk terus mengoptimalkan loading blog ini, terasa agak berat juga sebenarnya blog saya ini :mrgreen:

Terlalu Banyak Iklan( PPC dan Banner )

Iklan memang salah satu sarana blogger untuk memonetize blognya, tapi ingat jangan berlebihan ! apalagi anda mengkolaborasikan iklan PPC ( text ) dengan iklan banner yang bahkan kelihatannya blog anda hanya terlihat iklan-iklannya saja dari pada artikelnya.
Mengkolaborasikan boleh saja tapi jangan sampai membuat pengunjung merasa tidak nyaman dengan keberadaan iklan-iklan tersebut. Tempatkan iklan-iklan tersebut ditempat yang menurut anda bagus tapi usahakan agar terlihat rapi. Iklan yang banyak itu selain membuat pengunjung tidak nyaman,blog anda pun akan bertambah berat.

Adanya Iklan Pop Up

Iklan pop up adalah iklan yang muncul pada halaman baru. Ini juga salah satu alasan yang membuat pengunjung blog tidak nyaman. Kalau saya tidak salah ingat ada salah satu penyedia layanan PPC yang merekomendasikan publishernya untuk memasang iklan pop up tersebut.
Menurut mereka iklan pop up ini konversi kliknya sangat besar. Ini kembali kepada niat anda, anda ingin mendapatkan hasil yang besar dengan mengorbankan kenyamanan visitor anda ? Atau anda ingin visitor anda betah dan nyaman berlama-lama diblog anda ?
1 hal lagi yang perlu anda perhatikan, iklan pop up ini bisa saja berasal dari suatu widget atau aksesoris diblog anda. Tanpa sepengetahuan anda, widget atau aksesoris tersebut meng-injekan suatu kode untuk menampilkan iklan pop up, untuk itu anda harus berhati-hati dalam memilih aksesoris untuk blog anda.

Floating Ads atau Iklan yang melayang

Faktor yang ini benar-benar keterlaluan menurut saya, saya pernah berkunjugn ke suatu blog yang banyak membahas mengenai keajaiban-keajaiban dunia, keanehan-keanehan dan lain sebagainya. Awalnya sih saya tidak begitu memperhatikan, tapi lama kelamaan perasaan setiap saya scroll halaman blog tersebut seperti ada yang menghalangi artikelnya.
Selain itu, saya pun tidak bisa mengklik link-link yang ada di halaman tersebut, ya itu, seperti ada yang menghalangi kontennya. Karena penasaran, akhirnya saya coba cek menggunakan inspector bawaan google chrome, dan ternyata ada iklan yang melayang tepat diatas artikelnya.
Pemilik blog menyiasatinya dengen membuat background iklan dan warna iklannya sama persis dengan warna background dan warna text blog tersebut. Setelah saya tahu hal itu, ya sudah saya tidak mau lagi berkunjung kesana walaupun materi tulisannya bagus.

Mematikan Fungsi Klik Kanan dan Seleksi Tulisan

Mungkin untuk faktor yang satu ini tidak semua orang akan sependapat dengan saya. Saya merasa sangat tidak nyaman dan betah apabila mengunjungi suatu situs atau blog yang mematikan fungsi klik kanan dan seleksi tulisan.
Bukan karena saya ingin copas tulisannya lalu saya taruh diblog, tapi biasanya bila saya menemukan suatu tulisan atau tutorial yang bagus, selalu saya copy lalu saya taruh di aplikasi notes saya. Maksud saya menaruh tulisan atau tutorial di aplikasi notes hanya sebagai media rangkuman atau pengingat saja.
Walaupun saya bisa memanfaatkan ctrl+u, tapi tetep saja agak sedikit ribet, menurut saya.

Tipografi yang Kurang Baik

Tipografi disini maksudnya adalah warna font, ukuran font atau jarak antara paragrap. Bila anda membaca suatu artikel dari sebuah blog dengan jarak antara paragrap yang sangat sempit atau ukuran font yang terlalu kecil, apa yang ada rasakan ? Mata anda cepat lelah ? Apa anda masih tetap akan melanjutkan membacanya ?
Sekarang anda coba membaca artikel diblog anda sendiri, apa anda sudah nyaman dengan tipografi yang ada ? Kalau belum, lakukan pembenahan segera. Artikel 6 Kesalahan Umum Pada Tipografi mungkin bisa menjadi refrensi untuk anda.
Kesimpulan
Buatlah blog anda serapi mungkin agar pengunjung merasa nyaman berlama-lama di blog anda, seperti kata pepatah Tamu Adalah Raja untuk blogger Pengunjung/Visitor adalah Raja, apabila sekarang blog anda terlalu banyak iklan ada baiknya anda memangkasnya sebagian dan rapihkan penempatan iklan2 tersebut.
Kemudian apabila anda merasa blog anda belum rapi dalam strukturnya, cobalah rapihkan, apabila kesulitan karena belum menguasai code HTML dan CSS, carilah kawan/blogger lain yang bisa membantu anda merapihkan blog anda.
Mudah-mudahan bermanfaat !

http://meongg9.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Slideshow

7 Tempat wisata di Indonesia, dengan Keadaan serasa di Luar Negeri.

Selokan. Pernah bermimpi untuk berada di hutan romantis seperti di Forks dalam film Twilight, atau berjalan-jalan di hutan afrika yang eksotis, atau ingin berada ditepat sejuk bak norwegia. oke-oke kalau ingin mengalami hal-hal tersebut Seloker tidak perlu jauh-jauh terbang, dan menghabiskan banyak uang untuk datang kesana. Sebab... di Indonesia semua tempat seperti itu juga ada, atau anda ingin merasakan salju di Indonesia juga ada. bukan-bukan... anda tidak perlu masuk kesebuah wahana hiburan untuk itu semua, tetapi semua itu memang sudah ada lengkap di alam Indonesia. Hemmm.... makin penasarankan kira-kira dimana sih tempatnya. oke langsung aja Selokan kasih tau y.

10 makanan kurang sehat yang dikira Sehat.

Sudah bukan rahasia umum bila makanan-makanan yang tercantum dibawah ini sebagai sumber makanan yang paling sering kita konsumsi bersama makanan-makanan pokok, bahkan sebahagian dari makanan-makanan dibawah ini mungkin sudah menjadi makanan pokok yang setiap hari selalu dikonsumsi oleh para seloker dimanapun, dan kapanpun. tapi tahukah Seloker, bahwa sesungguhnya cara kita menyajikan makanan-makanan tersebut, atau penggunaan komponen terkecil dari makanan tersebut menyumbangkan hal besar untuk mengubah makanan tersebut dari yang awalnya adalah makanan yang kaya akan gizi, dan manfaat bagi tubuh, menjadi makanan yang kurang sehat, atau sama sekali berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Mau tahu makanan-makanan apa saja yang kita pikir sehat ternyata tidak sehat, yuk cek info lengkapnya di bawah chuuuu....!!!! :

Urban Love Story :Free Me Bagian 6 - Play, Record, and Pause from the past

Untuk yang udah geregetan dengan kelanjutan dari Free me bagian 5 kemaren, nih sekarang Selokan, dan kecebong udah siap untuk mengeluarkan Free me bagian 6 buat kalian-kalian semua pembaca setia Seloker, Setelah kemarin Dimas secara tidak sengaja bertemu dengan Marchel yang ternyata telah saling kenal, tetapi seakan ada hal yang mengganjal diantara keduanya. maka sekali lagi, Apakah takdir mereka dapat membawa sesuatu yang benar-benar mereka harapkan dimasa depan, sebuah kebebasan sebagai diri mereka sendiri. mau tau kelanjutan ceritanya Yukkk.... ini dia Free me bagian 6 buat kalian semua.... makasih.

F(x) - Electric Shock MV terbaru mereka yang telah ditonton 4 juta lebih pengguna YouTube.

Selokan. Bagi kamu-kamu nih yang ngakunya nge-Fans banget sama f(x), ada kabar baru perihal comebacknya mereka nih. Seloker tahu gak ?, bahwa dalam waktu 3 hari, MV terbaru mereka sekaligus mini album comeback-nya tersebut telah menyedot perhatian lebih dari 4 juta pengguna YOUTUBE. Wooow...!! keren bangetkan, apalagi pas piku=piku ngelihat langsung videonya, hemmm... sampai-sampai gak bisa kedip, tercengang sendiri. Musik dan videonya seakan membuat tubuh kita benar-benar seperti tersengat listrik. Pokoknya bakalan nyesel kalau belum melihat MV terbaru mereka ini loh, apalagi MV mereka ini telah dilihat 4 juta orang dalam 3 hari. mau tau gimana MV, dan info lengkapnya, Nih piku=piku persembahkan buat Seloker .....!!! :

10 film Hollywood yang bertemakan putus CINTA.

Selokan. Banyak kisah-kisah tentang putus cinta yang selalu menarik untuk diangkat ke dalam layar lebar di dunia perfileman. Mulai dari genre komedi romantis, drama romantis hingga melodrama yang berakhir tragis. Dari sekian banyak film-film produksi Hollywood yang mengangkat tema putus cinta, ada 10 film yang menyajikan kisah inspiratif, lucu, sedih maupun ironis dari putusnya hubungan asmara. mau tau 10 film itu apa saja, dari pada berlama-lama silahkan saja di baca lebih lengkapnya dibawah :