translate

3.28.2012

Kebiasaan di Kantor yang Bisa Membuat Anda Stress

relieve stress 300x212 relieve stress


Pekerjaan selalu membuat Anda stres setiap hari? Mungkin masalah itu bukan datang dari atasan, rekan kerja atau lingkungan kantor. Tapi justru karena diri Anda sendiri. Para ahli mengatakan, kerjaan yang menumpuk atau jadwal kerja yang padat bukan satu-satunya penyebab seseorang merasa stres dan lelah di kantor.

Beberapa kebiasaan buruk saat kerja juga bisa jadi biang kerok sulitnya Anda menikmati pekerjaan. Ini lima kebiasaan pengganggu produktivitas kerja di kantor yang harus dihindari, seperti dikutip dari Head Drama.




1. Berkali-kali Mengecek E-mail atau Update Status di Facebook & Twitter

Banyak orang yang sulit menahan diri untuk tidak membuka email atau mengecek status di Facebook dan Twitter saat jam kerja. Menurut Dr. David Rock DProf, direktur NeuroLeadership Institute dan penulis 'Your Brain at Work', "Interaksi di media sosial itu adiktif alias membuat kecanduan karena mengaktifkan rasa 'penghargaan' pada otak."

David menjelaskan, berinteraksi dengan orang lain di dunia maya efeknya mirip dengan makan cokelat. Semakin Anda melakukannya, semakin Anda menginginkannya --itulah saat dimana sosial media jadi pengganggu konsentrasi kerja. Untuk mengatasinya, tentukan waktu khusus untuk membuka situs-situs media sosial dan email. Misalnya, pagi hari sebelum kantor aktif beraktivitas atau sore hari menjelang pulang kantor. Tekankan pada diri sendiri untuk disiplin pada aturan yang sudah Anda buat itu.

2. Terburu-buru Menulis dan Mengirim E-mail Kerja

"Salah membaca email bisa menyebabkan kegelisahan yang berlebihan," ucap Dr. David. Pesan yang ditulis tergesa-gesa dan dikirimkan tanpa diperiksa kembali bisa membuat bingung dan lebih buruknya lagi, bisa membuat si penerima e-mail terganggu. Citra Anda di kantor pun jadi memburuk akibat kesalahpahaman yang mungkin terjadi.

Ketika harus mengirim e-mail sementara Anda harus menyelesaikan pekerjaan lain dengan cepat, simpanlah dulu konsepnya di draft. Setelah urusan yang mendesak itu selesai, baru lihat kembali dan periksa kalimat yang Anda tulis. Dengan begitu, informasi dalam email terkirim dengan benar dan kesalahan pun dapat dihindari.

3. Tidak Fleksibel

Buang jauh-jauh pikiran seperti, "Jika tidak ada yang rusak, tidak perlu diperbaiki". Konsep pemikiran tersebut tidak selalu berlaku. Jangan selalu mengikuti prosedur kuno dan terlalu kaku pada peraturan yang ada, sehingga membuat Anda menjadi orang yang statis. Di era global sekarang ini, sesuatu bisa berubah kapanpun dengan cepat. Jadilah pribadi yang fleksibel dan mau belajar dari orang lain.

4. Terlalu Terlibat dalam 'Politik Kantor'

Jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu mengobrol di kantin atau pantry daripada di meja kerja, maka itu bisa jadi masalah. Bergosip di kantor memang tidak baik, tapi menghabiskan waktu terlalu banyak untuk membicarakan dinamika dan persoalan-persoalan internal di kantor, apalagi sampai 'mempublikasikannya' di sosial media bisa merusak reputasi Anda. Daripada meributkan hal-hal yang bukan jadi urusan Anda, atau Anda tidak berkapabilitas untuk mengatasinya, sebaiknya simpan energi Anda itu untuk fokus bekerja.

5. Tidak Memanfaatkan Istirahat Makan Siang

Anda mungkin lebih suka memesan makanan dan menyantap makan siang di kantor dengan alasan terlalu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Tapi jika selalu melewatkan istirahat makan siang, akan berakibat buruk lebih banyak daripada baiknya. Duduk seharian tidak hanya bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius tapi juga menjauhkan Anda dari interaksi sosial. Meluangkan waktu sejenak untuk 'lepas' dari kursi dan layar komputer akan menghidupkan kembali semangat kerja, memberi Anda kesempatan untuk memandang pekerjaan dari perspektif yang lebih segar.

http://ludimeonggg.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Slideshow

7 Tempat wisata di Indonesia, dengan Keadaan serasa di Luar Negeri.

Selokan. Pernah bermimpi untuk berada di hutan romantis seperti di Forks dalam film Twilight, atau berjalan-jalan di hutan afrika yang eksotis, atau ingin berada ditepat sejuk bak norwegia. oke-oke kalau ingin mengalami hal-hal tersebut Seloker tidak perlu jauh-jauh terbang, dan menghabiskan banyak uang untuk datang kesana. Sebab... di Indonesia semua tempat seperti itu juga ada, atau anda ingin merasakan salju di Indonesia juga ada. bukan-bukan... anda tidak perlu masuk kesebuah wahana hiburan untuk itu semua, tetapi semua itu memang sudah ada lengkap di alam Indonesia. Hemmm.... makin penasarankan kira-kira dimana sih tempatnya. oke langsung aja Selokan kasih tau y.

10 makanan kurang sehat yang dikira Sehat.

Sudah bukan rahasia umum bila makanan-makanan yang tercantum dibawah ini sebagai sumber makanan yang paling sering kita konsumsi bersama makanan-makanan pokok, bahkan sebahagian dari makanan-makanan dibawah ini mungkin sudah menjadi makanan pokok yang setiap hari selalu dikonsumsi oleh para seloker dimanapun, dan kapanpun. tapi tahukah Seloker, bahwa sesungguhnya cara kita menyajikan makanan-makanan tersebut, atau penggunaan komponen terkecil dari makanan tersebut menyumbangkan hal besar untuk mengubah makanan tersebut dari yang awalnya adalah makanan yang kaya akan gizi, dan manfaat bagi tubuh, menjadi makanan yang kurang sehat, atau sama sekali berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Mau tahu makanan-makanan apa saja yang kita pikir sehat ternyata tidak sehat, yuk cek info lengkapnya di bawah chuuuu....!!!! :

Urban Love Story :Free Me Bagian 6 - Play, Record, and Pause from the past

Untuk yang udah geregetan dengan kelanjutan dari Free me bagian 5 kemaren, nih sekarang Selokan, dan kecebong udah siap untuk mengeluarkan Free me bagian 6 buat kalian-kalian semua pembaca setia Seloker, Setelah kemarin Dimas secara tidak sengaja bertemu dengan Marchel yang ternyata telah saling kenal, tetapi seakan ada hal yang mengganjal diantara keduanya. maka sekali lagi, Apakah takdir mereka dapat membawa sesuatu yang benar-benar mereka harapkan dimasa depan, sebuah kebebasan sebagai diri mereka sendiri. mau tau kelanjutan ceritanya Yukkk.... ini dia Free me bagian 6 buat kalian semua.... makasih.

F(x) - Electric Shock MV terbaru mereka yang telah ditonton 4 juta lebih pengguna YouTube.

Selokan. Bagi kamu-kamu nih yang ngakunya nge-Fans banget sama f(x), ada kabar baru perihal comebacknya mereka nih. Seloker tahu gak ?, bahwa dalam waktu 3 hari, MV terbaru mereka sekaligus mini album comeback-nya tersebut telah menyedot perhatian lebih dari 4 juta pengguna YOUTUBE. Wooow...!! keren bangetkan, apalagi pas piku=piku ngelihat langsung videonya, hemmm... sampai-sampai gak bisa kedip, tercengang sendiri. Musik dan videonya seakan membuat tubuh kita benar-benar seperti tersengat listrik. Pokoknya bakalan nyesel kalau belum melihat MV terbaru mereka ini loh, apalagi MV mereka ini telah dilihat 4 juta orang dalam 3 hari. mau tau gimana MV, dan info lengkapnya, Nih piku=piku persembahkan buat Seloker .....!!! :

10 film Hollywood yang bertemakan putus CINTA.

Selokan. Banyak kisah-kisah tentang putus cinta yang selalu menarik untuk diangkat ke dalam layar lebar di dunia perfileman. Mulai dari genre komedi romantis, drama romantis hingga melodrama yang berakhir tragis. Dari sekian banyak film-film produksi Hollywood yang mengangkat tema putus cinta, ada 10 film yang menyajikan kisah inspiratif, lucu, sedih maupun ironis dari putusnya hubungan asmara. mau tau 10 film itu apa saja, dari pada berlama-lama silahkan saja di baca lebih lengkapnya dibawah :