translate

3.16.2012

Pria itu, dan aku. bagian I ( cerpen Meonggg )

Sebenarnya ini cerita udah lama Meonggg tulis, masa-masa kuliah dlu, tapi dari pada di onggok di catatan FB, mending di postingkan aja, biar semua bisa baca. walau tulisannya aneh dan berantakan, tolong kritikannya. ini bagian pertama dari 3 bagian cerpen bertajuk Pria itu dan aku. selamat membaca.


malam bersalju

Sudah bertahun-tahun aku hidup di sini bersama semilir tiupan angin, bersama derasnya guyuran hujan, bersama teriknya cahaya mentari, dan bersama seluruh nuansa dunia.
Memiliki dahan-dahan indah menggoda berhiaskan lembar-lembar dedaunan.
Bertengger kuat di setiap bagian tubuhku
Aku selalu diam kaku di sini, sebagai saksi bisu.


Tak ada hal yang dapat ku lakukan selain memandang dengan serius kesegala arah walau ku tak memiliki sepasang mata.
Mendengar setiap obrolan makhluk-makhluk hidup walau ku tak memiliki sepasang telinga.
Menghirup aroma-aroma debu dan udara polusi walau kutak memiliki sebuah hidung.
Menguraikan CO2 menjadi O2 adalah rutinitas ku sehari-hari, atau hanya menyerap air-air dan zat hara dari tanah agar aku bertahan hidup sampai waktuku tiba. Mengolahnya melewati setiap ruas-ruas akar kuat ku yang sudah berpuluh-puluh tahun berdiri di sini.
Kehidupan keras sudah kualami bersama deru badai dan hujaman terik mentari, namun apa daya aku tak mampu bergerak kesana kemari, hanya diam di sini menggugurkan daun dan bungaku untuk mengurangi panas dan dahaga atau menyemaikannya di kala hujan turun untuk membuat makanan bagi diriku dan makhluk lain di dunia ini.
Suara isak itu terdengar disekitar diriku berdiri kokoh, dengan setiap pandangan mengarah kesegala arah walau aku tak memiliki sepasang mata.
Dia duduk di emperan bangku semen yang mengelilingiku dengan wajah tertunduk dan punggung bidang membelakangiku. Dari dandanan dan penampilannya aku mengetahui dia salah seorang Siswa Sekolah Menengah Atas yang berada di sekitar kediamanku.
Wajar saja aku menerkanya sebab itu adalah celana abu-abu dan baju putih, ciri2 wajah ceria dan semangat yang sering duduk menikmati makanan ringan atau segala macamnya di bangku duduk yang mengelilingi ku.
Sekejab kemudian ia telah menengadahkan kepalanya menghadap ke langit lepas bercat biru muda, matanya berbinar, ia berbalik ke arahku dan mulai mencari-cari sesuatu di dalam sakunya.
Sebuah pisau kecil yang biasa di gunakan dalam pelajaran prakarya kesenian .
Ya...,tuhan sependek inikah pikiran manusia, makhluk yang di katakan sangpencipta lebih tinggi derajatnya dari pada kami.
Pisau itu di bukanya. Ia mulai mengasahnya dengan kuat. Hatiku bergetar hebat walau aku tak memiliki sebuah hati karena tak ada darah di tubuhku. Semakin cepat ia mengasah semakin tajamlah kelihatannya pisau itu.
Aku masih berdebar walau aku tak memiliki jantung, apakah ia akan mengakhiri hidupnya di sini, kenapa memilih sebatang pohon kalau ia ingin mati dengan pisau.
kenapa tidak dengan tali saja yang biasa ku lihat di televisi hitam putih yang selalu bertengger di warung gorengan di seberang sana.
Bila aku dapat melakukan sesuatu namun tubuhku hanya diam saja, walau sekuat apa aku menggerakkannya ia tak mau bergerak. Pilihlah tali bila ingin mengakhiri hidupmu yang berharga itu maka aku akan mematahkan rantingku yang kau gunakan untuk mengakhiri hidup, namuan bila kau menggunakan sebuah pisau, aku tak tau cara menghalanginya.
Suara sayatan mulai terdengar dari belatih di tangannya. Ya tuhan aku tak kuasa melihatnya.
Aduh !, rasa apa ini ?.
Kenapa aku yang sakit ?.
Perlahan ku buka tatapan ku, “Hei… apa yang kau lakukan “ suara ku tak terdengar, sesuatu sedang sibuk bergerak-gerak lincah mengupas kulit-kulit keras tubuhku, ia mulai mencongkel dan menyayatnya membentuk suatu ukiran lain di rantingku.
Kalau tau begini seharusnya aku tak berdoa untuk keselamatannya. Karena siswa nakal ini memberikan cacat aneh di salah satu ranting tubuhku.
“ I love Iqbal“
tulisan aneh yang tergambar di salah satu dahanku, setelah itu ia tersenyum sendiri. Air matanya telah musnah di telan waktu dan mengering. Dia mulai menelan ludah dan menarik napas panjang.
Sepertinya hal aneh yang di lakukannya telah memberikan dia kebebasan.
“ Aku Cinta Iqbal…..??????” apa maksudnya, Aneh.
Tapi mungkin memang benar makhluk ini lebih tinggi tingkatannya dari pada kami, karena setiap yang mereka lakukan kami sama sekali tidak mengerti maksudnya.
Tapi mereka bisa mengerti keinginan kami.
Udara polusi menyapu wajahnya yang sudah tak sedih lagi.
Kembali ia merogo saku celana abu-abunya.
Ya tuhan apa kali ini ia akan mengeluarkan seutas tali, bila benar maka.
Eh …, salah lagi, selembar kertas ia lipat rapi dan di selipkannya di di antara dahan-dahan ku yang saling mengapit. Apakah ini harapan ?. atau ia berfikir bahwa pesannya akan tersampaikan suatu saat? Atau ia menginginkan suatu hari di lain masa ada seseorang yang menemukannya dan melanjutkan ceritanya dengan bukti ukiran di tubuhku ?. Atau……………
Sudah lah aku tak akan pernah mengerti perasaan makhluk di hadapanku ini. Mereka terlalu istimewa untuk di kaji dengan pemikiranku yang tak akan pernah dapat melampawinya.

Kutak percaya, Kau da disini
Menemaniku , Disaat dia pergi
Sungguh bahagia , Kau da disini
Menghapu semua  Sakit yang ku rasa

Mungkin kah kau merasakan
Semua yang ku pasrahkan
Kenanglah kasih

Kusuka dirinya
Mungkin aku sayang
Namun apakah mungkin kau menjadi milik ku

Kau pernah menjadi
Menjadi miliknya
Namun salahkah aku
Bila kupendam rasa ini

Lagu merdu terdengar di telingaku walau aku tak memiliki telinga.
Lagu merdu yang berasal dari sebuah benda kecil dengan kaca bercahaya didalam genggaman tangannya. Wahhh… itu sering ku lihat walau aku tak tau apa gunanya. Apakah itu juga makhluk hidup ?.

Dirimu takpernah menyadari
Semua yang telah kau miliki
Kau buang aku tinggalkan diriku
Kau hancurkan aku seakan ku tak pernah ada

Aku kan bertahan
Meski takkan mungkin mengejar kisahnya
Walau perih
Walau perih

Salah kah
Aku terlalu cinta
Berharap semua kan kembali
Kau buang aku tinggalkan diriku
Kau hancurkan aku seakan ku tak pernah ada

Aku kan bertahan meski takkan mungkin
Mengejar kisahnya
Walau perih
Walau perih

AKUKAN BERTAHAN MESKI TAKKAN MUNGKIN MENERJANG KISAHNYA
WALAU PERIH
AKU KAN BERTAHAN MESKI TAKKAN MUNGKIN MENERJANG KISAHNYA
WALAU PERIH WALAU PERIH.

Aku terkejut bukan kepalang saat ia bernyanyi, suaranya cukup merdu, dan perasaan itu menyebabkan ia kembali berkaca, namuan di wajahnya tak ada kesedihan.
Ada semangat.
Ada semangat di wajahnya.

Kini ia bangkit meninggalkan diriku dan selembar kertas bersama ukiran berbunyi I love Iqbal di tubuh ku yang berdiri kokoh diam.
Tubuh peria itu mulai menjauh dan menghilang.
Dalam benak ku aku masih memikirkan apa sebenarnya yang sedang di alami peria muda ini,.
Ia terlihat begitu tak terkendali beberapa saat.
Terlihat senang beberapa saat.
Sedih kemudian.
Dan akhirnya pergi dengan wajah semangat.
Manusia memang makhluk aneh.
Aku hanya bias tersenyum memandang semuanya walau aku tak memiliki sepasang bibir.


Song of Rasa Ini and Perih By Vierra

Baca lanjutannya disini
http://meongg9.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Slideshow

7 Tempat wisata di Indonesia, dengan Keadaan serasa di Luar Negeri.

Selokan. Pernah bermimpi untuk berada di hutan romantis seperti di Forks dalam film Twilight, atau berjalan-jalan di hutan afrika yang eksotis, atau ingin berada ditepat sejuk bak norwegia. oke-oke kalau ingin mengalami hal-hal tersebut Seloker tidak perlu jauh-jauh terbang, dan menghabiskan banyak uang untuk datang kesana. Sebab... di Indonesia semua tempat seperti itu juga ada, atau anda ingin merasakan salju di Indonesia juga ada. bukan-bukan... anda tidak perlu masuk kesebuah wahana hiburan untuk itu semua, tetapi semua itu memang sudah ada lengkap di alam Indonesia. Hemmm.... makin penasarankan kira-kira dimana sih tempatnya. oke langsung aja Selokan kasih tau y.

10 makanan kurang sehat yang dikira Sehat.

Sudah bukan rahasia umum bila makanan-makanan yang tercantum dibawah ini sebagai sumber makanan yang paling sering kita konsumsi bersama makanan-makanan pokok, bahkan sebahagian dari makanan-makanan dibawah ini mungkin sudah menjadi makanan pokok yang setiap hari selalu dikonsumsi oleh para seloker dimanapun, dan kapanpun. tapi tahukah Seloker, bahwa sesungguhnya cara kita menyajikan makanan-makanan tersebut, atau penggunaan komponen terkecil dari makanan tersebut menyumbangkan hal besar untuk mengubah makanan tersebut dari yang awalnya adalah makanan yang kaya akan gizi, dan manfaat bagi tubuh, menjadi makanan yang kurang sehat, atau sama sekali berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Mau tahu makanan-makanan apa saja yang kita pikir sehat ternyata tidak sehat, yuk cek info lengkapnya di bawah chuuuu....!!!! :

Urban Love Story :Free Me Bagian 6 - Play, Record, and Pause from the past

Untuk yang udah geregetan dengan kelanjutan dari Free me bagian 5 kemaren, nih sekarang Selokan, dan kecebong udah siap untuk mengeluarkan Free me bagian 6 buat kalian-kalian semua pembaca setia Seloker, Setelah kemarin Dimas secara tidak sengaja bertemu dengan Marchel yang ternyata telah saling kenal, tetapi seakan ada hal yang mengganjal diantara keduanya. maka sekali lagi, Apakah takdir mereka dapat membawa sesuatu yang benar-benar mereka harapkan dimasa depan, sebuah kebebasan sebagai diri mereka sendiri. mau tau kelanjutan ceritanya Yukkk.... ini dia Free me bagian 6 buat kalian semua.... makasih.

F(x) - Electric Shock MV terbaru mereka yang telah ditonton 4 juta lebih pengguna YouTube.

Selokan. Bagi kamu-kamu nih yang ngakunya nge-Fans banget sama f(x), ada kabar baru perihal comebacknya mereka nih. Seloker tahu gak ?, bahwa dalam waktu 3 hari, MV terbaru mereka sekaligus mini album comeback-nya tersebut telah menyedot perhatian lebih dari 4 juta pengguna YOUTUBE. Wooow...!! keren bangetkan, apalagi pas piku=piku ngelihat langsung videonya, hemmm... sampai-sampai gak bisa kedip, tercengang sendiri. Musik dan videonya seakan membuat tubuh kita benar-benar seperti tersengat listrik. Pokoknya bakalan nyesel kalau belum melihat MV terbaru mereka ini loh, apalagi MV mereka ini telah dilihat 4 juta orang dalam 3 hari. mau tau gimana MV, dan info lengkapnya, Nih piku=piku persembahkan buat Seloker .....!!! :

10 film Hollywood yang bertemakan putus CINTA.

Selokan. Banyak kisah-kisah tentang putus cinta yang selalu menarik untuk diangkat ke dalam layar lebar di dunia perfileman. Mulai dari genre komedi romantis, drama romantis hingga melodrama yang berakhir tragis. Dari sekian banyak film-film produksi Hollywood yang mengangkat tema putus cinta, ada 10 film yang menyajikan kisah inspiratif, lucu, sedih maupun ironis dari putusnya hubungan asmara. mau tau 10 film itu apa saja, dari pada berlama-lama silahkan saja di baca lebih lengkapnya dibawah :