translate

3.14.2012

Ayo... Cebok pakai Air, Jgn Pakai TISSUUUU.....

Akibat Pantat mu, Hutan Ku Hancur....!

Mungkin itu adalah kalimat singkat yang dapat menggambarkan betapa sebuah hal yang di anggap modren ternyata tidak selalu lebih baik, dan lebih menguntungkan dari pada hal tradisional.

" Ane bingung ni gan, dan bertanya2 setiap kali ke toilet yg g ada airnya alias cuma di sediain tissu, ane mesti batalin tuh acara buang hajat.
Mending cari toilet umum yg pke air gan. Soalnya krna ane orang ndeso ap yah gan, jadinya risih klo pke tissue. Pernah dulu sekali abis BAB cebok pke tissue tp rasanya ada yg ganjel. Mungkin agan2 juga ada yg pernah merasakan hal yg sama ky TS. "

Ini salah satu pengalaman dari seorang TS di kaskus bernama Gunzip tentang masalah cebok pakai air atau tissu.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOPa30QSGhfG3YqxX_V5z-4KhgjSm_6g62MuEIAOAQc6AB-W6LiUgRI17Gv2hyphenhyphen_g3FucmccLQI6uenDXA1kSngZQbOp3RuCXxeLc_SAM0QsYlzhkuFQn0whslC0gGLNNm5vqNyMdE441Y/s400/bigstockphoto_Toilet_Paper_2885329.jpg


VS


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOcfDeevmzqXMqhZPN0OcML0vWuJHRs9aK_VUq3f2ol7JQejzorNpMcROiWwKeGoDsv1Yz2-pT0rI4D2LDO4jhphmQ50TiGIVBjRVMAzfzdqIHFe3N3b8C3EOeqBnhCfgsb_WUKBMXpoQ/s1600/SO-05-049-water-splash.jpg

 tapi masalah sebenarnya bukanlah masalah adanya sisa taik kering saja di lubang anus kita bila cebok pakai tissu, tetapi juga masalah dengan bumi kita. bukan hanya menyangkut kebersihan diri, namun juga kelestarian alam kita. 

mungkin kamu-kamu bertanya, kok gara-gara cebok pakai tissu bisa ngancurin bumi, hubungannya di mana ?, nah nie Meonggg kasi tau hubungannya. 



Ini ada hubungannya dengan masalah lingkungan. Saat masyarakat kita berlomba-lomba mengikuti cara hidup orang-orang barat, justru masyarakat sana mengeluarkan beberapa pemikiran untuk mencontoh gaya hidup masyarakat kita yang justru ternyata dapat menyelamatkan lingkungan. Hal itulah yang saya tangkap dari artikel yang dimuat pada majalah Tissue World yang terbit pada edisi Juni-Juli 2010. Di dalam majalah tersebut terdapat sebuah artikel yang ditulis oleh salah seorang aktivis lingkungan Amerika yang bernama Noelle Robbins yang berjudul “Cleaning with water, a better alternative Flushing Forest”.


Di dalam artikel tersebut disebutkan bahwa gaya hidup masyarakat Amerika yang menggunakan tisu toilet telah menyebabkan kerusakan besar pada ekosistem hutan yang ada di dunia. Bagaimana tidak, berdasarkan studi yang dilakukan, untuk membuat 3.2 juta ton tisu toilet setara dengan menebang pohon sebanyak 54 juta batang pohon.

Fakta itu membuat sang penulis berpikiran untuk mengubah gaya hidup masyarakat amerika dalam penggunaan tisu toilet. Noelle Robbins mengungkapkan sebuah pandangan bahwa cara “cebok” ala orang asia lebih bersifat ramah lingkungan. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa setiap roll tisu, dalam proses pembuatannya membutuhkan sebanyak 37 galon atau setara dengan 140 liter air. Setiap harinya, orang amerika rata-rata menghabiskan 57 lembar tisu toilet, dan ini setara dengan penggunaan air 3, 7 galon sehari. Jika dibandingkan dengan kebiasaan masyarakat asia yang cebok dengan menggunakan air, sekali cebok setiap orang rata-rata hanya memerlukan 0,03 galon air. Jumlah yang sangat jauh jika dibandingkan dengan air yang dipakai untuk pembuatan tisu toilet.

Angka-angka di atas, cukup membuat kita tertegun sejenak. Sesuatu hal yang sepele yang kita gunakan ternyata berasal dari sesuatu yang besar di alam.
dari sedikit wacana di atas saja, kita sudah di rugikan terlalu besar untuk menggunakan tissu dari pada air, tapi di balik itu semua, bahan produksi tissu lah masalah tersebarnya. yaitu kayu hutan... ini salah satu beritanya. dari www.greenpeace.org

Asia Pulp and Paper (APP), salah satu produsen terbesar pulp dan kertas di dunia, TELAH TERTANGKAP BASAH menggunakan kayu ramin, spesies yang dilindungi secara internasional, di pabrik pulp utama mereka di Indonesia.
Tindakan mereka melanggar hukum Indonesia yang mengatur penebangan dan perdagangan spesies dilindungi ini dan menunjukkan bahwa klaim APP memiliki "toleransi nol untuk kayu ilegal"  hanyalah greenwash semata.

Ramin tumbuh di hutan rawa  gambut- yang juga habitat bagi harimau Sumatera yang terancam punah, hanya skitar 400 ekor yang tersisa di alam liar. Di dalam konsesi yang saat ini dikuasai oleh APP, terdapat hutan rawa gambut seluas lebih dari dua kali kota Jakarta yang telah dihancurkan sejak tahun 2001, tahun dimana penebangan ramin secara resmi dilarang.
Beberapa perusahaan besar dunia yang tercantum di bawah ini terlibat dalam skandal kayu illegal APP, karena mereka membeli produk dari APP yang terkontaminasi serat yang dilindungi dari hutan hujan:

nah masih tetep kekeh pakai tissu gara-gara biar terlihat kayak bule. nah kalau masih kekeh juga, kita harus mikirin dampak langsungnya ke kita, nih 2 dampak utamanya.

1. perubahan iklim secara drastis, seperti pemanasan global, atau yang sering kita rasakan. dikala panas sangat terik tiba-tiba turun hujan di sertai petir yang dasyat. dan itu juga mempengaruhi daya tahan, dan adaptasi tubuh kita.

2. Banjir....., gimana mau enggak banjir kalau hutan udah abis gara-gara untuk bersihin taik di pantat doang, mana itu kertas enggak di daur ulang lagi gara2 jijik. so ya udah. tahankan deh itu banjir.

Sebelum kamu terlalu jauh menggunakan tissu sebagai alat cebok, lebih baik perhitungkan tingkat kesehatannya. pakai air lebih bersih ( sabunnya jgn lupa ), dari pada pakai tissu. selain air lebih bersih dari pada tissu, juga mengurangi tingkat kehancuran hutan, dan biaya hidup kamu.

dan satu hal yang lebih parah kalau kamu cebok pakai tissu, setiap nyuci akhir pekan, lihat di celana dalem putihmu, pasti ada berkas kuning-kuning, itu juga kalau enggak di sertai keraknya yang udah kering.....

( mohon jgn di ambil sisi ketus dan mulut blak-blakannya, tapi coba resapi inti sari dari postingannya oke )




http://meongg9.blogspot.com/

1 komentar:

  1. Bahasa yang di pakai parah banget, tapi tujuan artikelnya bagus banget ... i love it

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Slideshow

7 Tempat wisata di Indonesia, dengan Keadaan serasa di Luar Negeri.

Selokan. Pernah bermimpi untuk berada di hutan romantis seperti di Forks dalam film Twilight, atau berjalan-jalan di hutan afrika yang eksotis, atau ingin berada ditepat sejuk bak norwegia. oke-oke kalau ingin mengalami hal-hal tersebut Seloker tidak perlu jauh-jauh terbang, dan menghabiskan banyak uang untuk datang kesana. Sebab... di Indonesia semua tempat seperti itu juga ada, atau anda ingin merasakan salju di Indonesia juga ada. bukan-bukan... anda tidak perlu masuk kesebuah wahana hiburan untuk itu semua, tetapi semua itu memang sudah ada lengkap di alam Indonesia. Hemmm.... makin penasarankan kira-kira dimana sih tempatnya. oke langsung aja Selokan kasih tau y.

10 makanan kurang sehat yang dikira Sehat.

Sudah bukan rahasia umum bila makanan-makanan yang tercantum dibawah ini sebagai sumber makanan yang paling sering kita konsumsi bersama makanan-makanan pokok, bahkan sebahagian dari makanan-makanan dibawah ini mungkin sudah menjadi makanan pokok yang setiap hari selalu dikonsumsi oleh para seloker dimanapun, dan kapanpun. tapi tahukah Seloker, bahwa sesungguhnya cara kita menyajikan makanan-makanan tersebut, atau penggunaan komponen terkecil dari makanan tersebut menyumbangkan hal besar untuk mengubah makanan tersebut dari yang awalnya adalah makanan yang kaya akan gizi, dan manfaat bagi tubuh, menjadi makanan yang kurang sehat, atau sama sekali berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Mau tahu makanan-makanan apa saja yang kita pikir sehat ternyata tidak sehat, yuk cek info lengkapnya di bawah chuuuu....!!!! :

Urban Love Story :Free Me Bagian 6 - Play, Record, and Pause from the past

Untuk yang udah geregetan dengan kelanjutan dari Free me bagian 5 kemaren, nih sekarang Selokan, dan kecebong udah siap untuk mengeluarkan Free me bagian 6 buat kalian-kalian semua pembaca setia Seloker, Setelah kemarin Dimas secara tidak sengaja bertemu dengan Marchel yang ternyata telah saling kenal, tetapi seakan ada hal yang mengganjal diantara keduanya. maka sekali lagi, Apakah takdir mereka dapat membawa sesuatu yang benar-benar mereka harapkan dimasa depan, sebuah kebebasan sebagai diri mereka sendiri. mau tau kelanjutan ceritanya Yukkk.... ini dia Free me bagian 6 buat kalian semua.... makasih.

F(x) - Electric Shock MV terbaru mereka yang telah ditonton 4 juta lebih pengguna YouTube.

Selokan. Bagi kamu-kamu nih yang ngakunya nge-Fans banget sama f(x), ada kabar baru perihal comebacknya mereka nih. Seloker tahu gak ?, bahwa dalam waktu 3 hari, MV terbaru mereka sekaligus mini album comeback-nya tersebut telah menyedot perhatian lebih dari 4 juta pengguna YOUTUBE. Wooow...!! keren bangetkan, apalagi pas piku=piku ngelihat langsung videonya, hemmm... sampai-sampai gak bisa kedip, tercengang sendiri. Musik dan videonya seakan membuat tubuh kita benar-benar seperti tersengat listrik. Pokoknya bakalan nyesel kalau belum melihat MV terbaru mereka ini loh, apalagi MV mereka ini telah dilihat 4 juta orang dalam 3 hari. mau tau gimana MV, dan info lengkapnya, Nih piku=piku persembahkan buat Seloker .....!!! :

10 film Hollywood yang bertemakan putus CINTA.

Selokan. Banyak kisah-kisah tentang putus cinta yang selalu menarik untuk diangkat ke dalam layar lebar di dunia perfileman. Mulai dari genre komedi romantis, drama romantis hingga melodrama yang berakhir tragis. Dari sekian banyak film-film produksi Hollywood yang mengangkat tema putus cinta, ada 10 film yang menyajikan kisah inspiratif, lucu, sedih maupun ironis dari putusnya hubungan asmara. mau tau 10 film itu apa saja, dari pada berlama-lama silahkan saja di baca lebih lengkapnya dibawah :